Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Kegiatan Workshop Penyusunan RPP di MI Nurul Ulum Kesuben Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Arhamah Arhamah

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.480

Abstract

Proses pembelajaran di dalam kelas sangat tergantung kepada kemampuan dan keterampilan guru dalam mengelola kelas. Karenanya, orang yakin bahwa guru memiliki andil yang besar dalam setiap proses pembelajaran di dalam kelas. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidup serta cita-citanya. Minat, bakat serta kemampuan peserta didik tidak akan berkembang secara optimal tanpa bantuan guru di sekolahan, demikian juga dengan guru di pendidikan dasar. Pendidikan yang diterapkan baik di sekolah, keluarga maupun masyarakat hendaknya mampu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap anak. Di lingkungan sekolah, pendidik diharapkan mampu mengembangkan potensi yang ada melalui serangkaian proses pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Karenanya, diperlukan seorang tenaga pendidik yang memiliki kemampuan dan profesionalisme yang memadai. Dari kegiatan supervisi yang dilaksanakan, ditemui kelemahanan guru di MI Nurul Ulum Kecamatan Kesuben dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dari kegiatan supervisi tersebut maka penulis melakukan penelitian ini dan memfokuskan penelitian ini pada upaya peningkatan kemampuan guru di MI Nurul Ulum Kesuben dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dan rumusan masalah dalam penelitian tindakan ini adalah Apakah kegiatan Workshop penyusunan RPP dapat meningkatkan kemampuan guru MI Nurul Ulum Kesuben Kab. Tegal dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru MI Nurul Ulum Kesuben dalam menyusun RPP setelah diadakan Workshop penyusunan RPP di MI Nurul Ulum Kesuben. Subyek penelitian ini adalah guru MI Nurul Ulum yang berjumlah 9 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi data, dan metode dan analisisnya menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Setelah melalui 2 rangkaian siklus penelitian maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: bahwa dari siklus pertama peningkatan kemampuan guru MI Nurul Ulum dalam membuat RPP belum meningkat sesuai dengan indikator penelitian. Maka dilanjutkan dengan siklus kedua yang hasilnya sesuai dengan indikator penelitian. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan workshop yang dilakukan oleh pengawas dapat meningkatkan kemampuan guru MI Nurul Ulum Kesuben dalam menyusun RPP. 

Downloads

Published

2019-05-07

How to Cite

Arhamah, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Kegiatan Workshop Penyusunan RPP di MI Nurul Ulum Kesuben Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 13–30. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.480