Meningkatkan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Membuat RPP Melalui Workshop di SD Negeri Prupuk Selatan 04 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Nurofik Nurofik

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.483

Keywords:

kompetensi guru, supervisi, workshop

Abstract

Latar belakang penelitian ini oleh lemahnya motivasi dan kompetensi guru dalam membuat RPP, Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan selama 6 bulan. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Prupuk Selatan 04 yang berjumlah 7 orang. Penelitian ini dirancang dengan 2 siklus dan masingmasing siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membuat alat peraga matematika dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah 100% dari 7 orang guru SDN Prupuk Selatan 04 telah mencapai kategori sangat baik dalam membuat RPP yang sesuai dengan standar proses. Saran berkaitaan dengan penelitian ini antara lain bagi guru hendaknya harus menguasai dan memahami cara membuat RPP yang sesuai kaidah-kaidah, sesuai petunjuk, kreatif dan inovatif agar pembelajaran lebih menarik sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa.

Downloads

Published

2019-05-07

How to Cite

Nurofik, N. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Membuat RPP Melalui Workshop di SD Negeri Prupuk Selatan 04 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.483