Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity (MPA) Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PAI dan Budi Pekerti pada Materi Haji dan Umroh Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Tonjong TP. 2017/2018

Authors

  • Solehudin Solehudin

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.484

Keywords:

market place activity, prestasi belajar, ibadah Haji dan Umroh

Abstract

Ada dua sisi penting yang diemban oleh Pendidikan Agama Islam. Pertama, menanamkan pemahaman tentang Islam secara komprehensif kepada peserta didik agar mereka mengetahui dan memahami nilai-nilai Islam sekaligus mempunyai kesadaran yang mendalam untuk mengamalkannya. Dan kedua, memberikan bekal yang cukup kepada peserta didik agar nantinya mereka dapat berkiprah di masyarakat serta mampu survive dalam menghadapi tantangan kehidupan dengan landasan nilai-nilai Islam. Umumnya siswa SMP masih sangat kesulitan untuk memahami pembelajaran PAI dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi suatu sikap kepribadian. PAI dianggap sebagai mata pelajaran yang cukup dihafalkan tanpa perlu memahami dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Anggapan inilah yang mengakibatkan rendahnya minat serta motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI di kelas. Rendahnya motivasi belajar siswa secara langsung berpengaruh juga terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Rendahnya motivasi belajar yang terjadi pada siswa kelas IX ini menjadi perhatian serius bagi guru PAI sehingga perlu melakukan penelitian tindakan kelas dengan masalah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PAI siswa kelas IX A materi haji dan Umroh dengan menggunakan model market place activity. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan observasi, tes/ uji kompetensi, angket dan wawancara. Setelah data terkumpul melalui teknik pengumpulan data maka langkah selanjutnya adalah melakukan validasi data.Validasi data dilakukan dengan teknik keabsahan atau triangulasi, Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi data, dan metode. Dan akhirnya di analisis dengan menggunakan kualitatif deskriptif. Dan dari dua siklus dengan masing-masing langkah maka diketahui bahwa market place activity dapat meningkatkan hasil prestasi belajar PAI khususnya materi Haji dan Umroh dengan menggunakan media audio-visual.

Downloads

Published

2020-01-14

How to Cite

Solehudin, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity (MPA) Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PAI dan Budi Pekerti pada Materi Haji dan Umroh Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Tonjong TP. 2017/2018: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 53–76. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.484