Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menentukan Watak Tokoh Dalam Dongeng Fabel Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Margasari Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Wiwiek Ariyani

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.485

Keywords:

hasil belajar, watak tokoh, model pembelajaran role playing

Abstract

Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menentukan watak tokoh dalam dongeng fabel pada siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Margasari semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. Dari hasil pengamatan menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 56,3 kemudian pada siklus II sebesar 90,63 yang artinya hasil belajar siswa kelas VII G mengalami peningkatan sebesar 34,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi menentukan watak tokoh dalam dongeng fabel pada kelas VII G SMP Negeri 2 Margasari semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Oleh karena itu, dengan tercapainya tingkat ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Role Playing maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil.

Downloads

Published

2020-01-14

How to Cite

Ariyani, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menentukan Watak Tokoh Dalam Dongeng Fabel Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Margasari Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 77–89. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.485