Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V Semester II SD Negeri Jembayat 03 Kecamatan Margasari Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Nurokhman Nurokhman

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.489

Keywords:

hasil belajar PKn, metode demonstrasi

Abstract

Kegiatan Penelitian dilakukan pada siswa kelas V semester II tahun pelajaran 2017/2018 SD Negeri Jembayat 03 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi memahami kebebasan berorganisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pembelajaran menggunakan metode demonstrasi. Data yang dihimpun berupa hasil belajar PKn yang terdiri atas data kondisi awal, data siklus I, dan data siklus II. Analasis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan kondisi awal, data siklus I dan data siklus II. Keadaan awal sebelum guru menerapkan metode demonstrasi, hasil PKn rendah dan nilai rata-ratanya masih jauh dibawah nilai KKM. Pada kondisi awal rata-rata kelas 68,1 dengan ketuntasan belajar 41,9% pada siklus I nilai rata-rata 75,0 (naik 10,13%), ketuntasan belajar 70,96% (naik 29,6%). Pada siklus II rata-rata kelas 83,70 jika dibandingkan dengan kondisi awal naik 22,91% ketuntasan belajar 93,55 dengan demikian dari 31 siswa yang tidak tuntas hanya 2 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa secara teoretik maupun secara empirik, melalui pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi memahami kebebasan berorganisasi di kelas V semester II SD Negeri Jembayat 03 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018.

Downloads

Published

2020-01-14

How to Cite

Nurokhman, N. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V Semester II SD Negeri Jembayat 03 Kecamatan Margasari Tahun Pelajaran 2017/2018: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 125–137. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.489