Peningkatan Hasil Pembelajaran PKn Materi tentang Pengaruh Globalisasi melalui Metode Jigsaw (Tutor Sebaya) di Kelas IV SD Negeri Pejagan 02 Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes

Authors

  • Agus Purnomo

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.490

Keywords:

pembelajaran, Jigsaw, penguasaan materi, globalisasi

Abstract

Dari hasil observasi awal diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas IV belum optimal. Pembelajaran masih berpusat pada guru, respon siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) rendah. Selama proses pembelajaran siswa kurang aktif, partisipasi siswa lebih banyak mencatat dan mendengarkan penjelasan guru. Keaktifan siswa yang rendah berdampak pada penguasaan materi PKn. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu: 1) perencanaan (planning); 2) pelaksanaan (acting); 3) pengamatan (observing); dan 4) refleksi (reflecting). Dari satu siklus ke siklus selanjutnya, baik dari segi keaktifan siswa, kinerja guru, maupun peningkatan penguasaan materi PKn tentang pengaruh globalisasi bagi siswa. Data tentang keaktifan siswa pada siklus I sebasar 64%, dan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Data tentang kinerja guru pada siklus I rata-rata 3,3 termasuk dalam kategori baik, dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 4,0 kategori sangat baik. Sedangkan penguasaan materi siswa nilai rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 67,6 kategori cukup, pada siklus II nilai ratarata penguasaan materi siswa meningkat menjadi 78 termasuk kategori baik.

Downloads

Published

2020-01-14

How to Cite

Purnomo, A. (2020). Peningkatan Hasil Pembelajaran PKn Materi tentang Pengaruh Globalisasi melalui Metode Jigsaw (Tutor Sebaya) di Kelas IV SD Negeri Pejagan 02 Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 147–167. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.490