Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Membaca Ekstensif Melalui Metode SQ3R pada Peserta Didik Kelas VIII D SMP Negeri 2 Warureja

Authors

  • Wastiah Wastiah

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.492

Keywords:

motivasi, kemampuan membaca, metode SQ3R

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui peningkatkan motivasi membaca ekstensif peserta didik di kelas VIII D SMP N 2 Warureja setelah melaksanakan pembelajaran dengan SQ3R, 2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca ekstensif peserta didik di kelas VIII D SMP N 2 Warureja, dan 3) untuk mengetahui seberapa besar penigkatan kemampuan membaca ekstensif dengan di terapkanya SQ3R pada peserta didik kelas VIII D SMP N 2 Warureja semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian adalah peerta didik kelas VIII D SMP Negeri 2 Warureja Kab. Tegal tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah peserta didik 34 terdiri atas 17 peserta didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Penerapan metode pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan motivasi belajar membaca ekstensif pada peserta didik Kelas VIII D semester 2 SMP Negeri 2 tahun pelajaran 2017/2018. Penerapan metode pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan kemampua membaca ekstensif pada peserta didik semester 2 SMP Negeri 2 Warureja tahun pelajaran 2017/2018. Besarnya peningkatan motivasi belajar peserta didik diperoleh hasil tingkat motivasi belajar peserta didik pada siklus 1 ada 2 peserta didik atau 6% dengan kategori sangat tinggi dan siklus 2 meningkat menjadi 4 peserta didik atau 12% dengan kategori sangat tinggi. Demikian juga besarnya kemampuan membaca siklus 1 sebesar 77,64 % menjadi 78,23 % pada siklus 2, dengan nilai ketuntasan KKM pada siklus 1 sebesar 70,58 % meningkat menjadi 82,35 % pada siklus 2.

Downloads

Published

2020-01-14

How to Cite

Wastiah, W. (2020). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Membaca Ekstensif Melalui Metode SQ3R pada Peserta Didik Kelas VIII D SMP Negeri 2 Warureja: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 178–189. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i1.492