Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kalisalak 03
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.495Keywords:
aktivitas, hasil belajar, kooperatif tipe STADAbstract
Hasil belajar matematika pada materi hitung bilangan pecahan yang diperoleh siswa kelas VI SD Negeri Kalisalak 03 tahun 2018/2019 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi hitung bilangan pecahan di kelas VI SD Negeri Kalisalak 03. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Negeri Kalisalak 03 tahun ajaran 2018/2019 sebanyak tiga puluh tujuh siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes formatif dan pengamatan aktivitas belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa ≥ 65, dengan persentase ketuntasan minimal 75%, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 71,43 dengan ketuntasan belajar klasikal 62,2%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 57% dengan kriteria aktif. Pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar siswa 79,19 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,4%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 92% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru.