Peningkatan Kemampuan Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Pembimbingan Berkelanjutan bagi Guru SD Negeri Jembayat 03

Authors

  • Suparno Suparno

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.496

Keywords:

media pembelajaran, pembimbingan berkelanjutan, guru SDN Jembayat 03

Abstract

Guru merupakan komponen yang penting dalam peningkatan mutu pendidikan sehingga terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Selama proses pembelajaran guru harus mempunyai kompetensi sebagai wewenang yang dikaitkan dengan ruang lingkup suatu jabatan atau posisi sebagai guru dan kompetensi guru merupakan landasan dalam rangka mengabdikan profesinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggunakan media pembelajaran di kelas. Subjek penelitian adalah delapan guru SD Negeri Jembayat 03 tahun pelajaran 2018/2019 dengan rincian tiga orang perempuan dan lima orang laki-laki. Semua subjek yang menjadi sasaran penelitian adalah Sarjana-1. Mereka terdiri dari tiga guru Wiyata Bakti dan lima guru Pegawai Negeri Sipil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan nilai kinerja guru dalam proses pembelajaran, khususnya dalam menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran KIT, maupun media yang berbasis IT ternyata dapat melayani kebutuhan siswa, karena siswa yang satu dengan siswa yang lain mempunyai perbedaan yang cukup menonjol baik tentang pribadi dan karakter dalam belajar baik siswa yang bertipe audio, audio visual, atau kinestetik. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar dengan bukti adanya peningkatan nilai rata-rata tarap serap ulangan akhir semester pada kondisi akhir di SD Negeri Jembayat 03 Tahun 2018/2019.

Downloads

Published

2019-10-07

How to Cite

Suparno, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Pembimbingan Berkelanjutan bagi Guru SD Negeri Jembayat 03: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(2), 218–226. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.496