Peningkatan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Membuat RPP Melalui Diskusi Kelompok di SDN Jembayat 02 Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Sutiyah Sutiyah

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.497

Keywords:

kompetensi guru, motivasi, diskusi kelompok

Abstract

Sekolah sebagai tempat pelaksanaan proses belajar mengajar perlu dikelola secara baik dan benar. Keberhasilan suatu sekolah mencapai tujuan yang diharapkan sangat tergantung kepada bagaimana model pengelolaan terhadap segala sumber daya yang dimiliki sekolah tersebut. Hasil observasi pembelajaran terhadap beberapa guru kelas di SDN Jembayat 02 Kecamatan Margasari diketahui guru menggunakan RPP seadanya atau monoton, hanya menyalin milik orang lain sehingga persiapan guru kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kompetensi guru dalam membuat RPP melalui diskusi kelompok di SDN Jembayat 02. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan selama enam bulan. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Jembayat 02 yang berjumlah tujuh orang. Penelitian ini dirancang dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membuat alat peraga matematika dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah 100% dari tujuh orang guru SDN Jembayat 02 telah mencapai kategori sangat baik dalam membuat RPP yang sesuai dengan standar proses. Saran berkaitaan dengan penelitian ini antara lain bagi guru hendaknya harus menguasai dan memahami cara membuat RPP yang sesuai kaidah-kaidah, sesuai petunjuk, kreatif dan inovatif agar pembelajaran lebih menarik sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa.

Downloads

Published

2019-10-07

How to Cite

Sutiyah, S. (2019). Peningkatan Motivasi dan Kompetensi Guru dalam Membuat RPP Melalui Diskusi Kelompok di SDN Jembayat 02 Tahun Pelajaran 2017/2018: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(2), 227–236. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.497