Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Jawa dengan Teknik Berantai pada Siswa Kelas IX B SMPN 2 Warureja Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Supadmi Supadmi

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.507

Keywords:

motivasi belajar, bercerita, teknik berantai

Abstract

Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran materi bercerita dalam bahasa Jawa dengan teknik berantai pada siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Warureja Kabupaten Tegal semester genap tahun pelajaran 2017/2018, dan 2) mengetahui peningkatan kemampuan bercerita dalam bahasa Jawa dengan teknik berantai pada siswa kelas IX B SMP N 2 Warureja. Pada pembelajaran bahasa Jawa di kelas IX B SMP Negeri 2 Warureja kompetensi dasar bercerita didapati fakta tentang rendahnya prestasi siswa dalam kompetensi tersebut, dari jumlah siswa 28 yang tuntas dalam materi ini hanya 32 % atau 9 orang siswa, dan sisanya 68 % atau 19 orang siswa tidak tuntas dengan KKM 75. Indikatornya antara lain: 1) siswa merasa kurang motvasi untuk berbicara dalam bahasa Jawa, 2) siswa merasa kesulitan menggunakan kosa kata Bahasa Jawa baku, 3) siswa tidak memahami kosakata bahasa Jawa baku, dan 4) di tingkat sebelumnya siswa tidak mendapatkan materi bercerita secara baik karena guru juga tidak menguasai materi tersebut. Selain faktor – faktor diatas, diduga ada faktor lain yang menjadi penyebab rendahnya prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa, salah satunya karena metode dan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang tepat. Dengan menggunakan teknik berantai menunjukan hasil yang lebih baik. Dari data pengukuran tes pada siklus I tercatat 16 siswa atau 57,14% mendapat nilai ≥ KKM, 42,86% atau 12 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Pada siklus II naik menjadi 21 siswa atau 75% mendapat nilai ≥ KKM dan 7 siswa atau 25% masih di bawah KKM. Dengan demikian terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari 57,14% menjadi 75% dengan kriteria keberhasilan adalah tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan teknik berantai dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan bercerita pada siswa kelas IX B SMP N 2 Warureja.

Downloads

Published

2019-10-07

How to Cite

Supadmi, S. (2019). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Jawa dengan Teknik Berantai pada Siswa Kelas IX B SMPN 2 Warureja Tahun Pelajaran 2017/2018: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(2), 318–327. https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.507