Implementasi Pembinaan Konsepsi Model Pembelajaran Up Grading Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Guru Binaan Se-Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v3i2.509Keywords:
pembinaan, konsepsi, Up Grading Learning, Kualitas, pembelajaranAbstract
Dalam proses pembelajaran masih sering ditemui adanya kecenderungan meminimalkan keterlibatan siswa. Dominasi guru Agama Islam dalam proses pembelajaran Agama Islam di kelas, menyebabkan kecenderungan siswa lebih bersifat pasif sehingga mereka lebih banyak menunggu sajian guru daripada mencari dan menemukan sendiri pengetahuan, ketrampilan atau sikap yang mereka butuhkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah yang pertama, apakah selama ini guru dalam memberikan materi ajar kepada siswa selalu menggunakan metode cara mengajar yang konvensional? kedua, apakah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dan aktivitas belajar guru dengan menggunakan pendekatan Up Grading Learning dalam pemberian materi ajar di MI se-Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Propinsi Jawa Tengah? Metode dalam penelitian tindakan ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif konseptual. Sementara jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kolaboratif antara PTKp dengan PTS. Penelitian dirancang dalam bentuk siklus tindakan. Dalam siklus tindakan terdiri atas empat kegiatan, yakni rencana tindakan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan sekolah yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa: aktivitas mengajar guru Agama Islam dan siswa dapat ditingkatkan melalui pendekatan Up Grading Learning. Hal ini ditunjukkan adanya kualifikasi siswa dalam belajar secara kelompok dengan predikat pada siklus l: hebat sebanyak 1 kelompok, baik sebanyak 2 kelompok, dan tidak berpredikat 2 kelompok; pada siklus 2: super sebanyak 1 kelompok, hebat sebanyak 2 kelompok, baik sebanyak 2 kelompok sedangkan pada siklus 3: super sebanyak 3 kelompok hebat sebanyak 1 kelompok, dan baik sebanyak 1 kelompok. Peningkatan aktivitas belajar mengajar melalui pendekatan Up Grading Learning model kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan kinerja guru dalam mengajar.