Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perbandingan pada Kelas V SDN Kalisalak 03 Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Kasadi . SDN Kalisalak 03
Keywords: PBL, Hasil Belajar, Perbandingan

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor utama bagi pengembangan sumber daya manusia. Keberhasilan dari pencapaian pendidikan di sekolah tergantung pada pelaksanaan proses belajar mengajar didalam kelas. Hasil observasi menunjukkan siswa beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang paling sulit dan perlu pemikiran yang ekstra oleh sebagian besar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Materi Perbandingan pada Kelas V menggunakan Model PBL. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 5 bulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kalisalak 03 yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini dirancang dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL pada mata pelajaran matematika dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Besar peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal tersebut nilai rata-rata sebesar 25 poin pada siklus II atau akhir siklus. Pada kondisi awal nilai rata-rata 55, menjadi 67 pada siklus I dan siklus II sebesar 80, sedangkan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 48% pada akhir siklus atau siklus II. Ketuntasan pada kondisi awal 35%, siklus I sebesar 65%, dan siklus II sebesar 83%, melampaui indikator keberhasilan yang diterapkan peneliti yaitu sebesar 75%, sehingga penelitian dikatakan berhasil.

Published
2020-05-10