Penerapan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi pada Siswa Kelas III SD Negeri KarangDawa 02 Semester II Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i1.547Keywords:
Hasil Belajar, Media Gambar, Kooperatif Tipe STAD, Sumber EnergiAbstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitarnya. Hasil belajar IPA pada materi sumber energi yang diperoleh siswa kelas III SD Negeri Karangdawa 02 tahun 2018/2019 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber energi pada siswa kelas III semester II tahun pelajaran 2018/2019 SD Negeri Karangdawa 02. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Karangdawa 02 Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes formatif dan pengamatan hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa ≥ 65, dengan persentase ketuntasan minimal 75%, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 26 siswa atau 74% yang tuntas belajar dan 9 siswa atau 26% belum tuntas. Nilai terendah siswa pada siklus I adalah 40 dan nilai tertinggi adalah 95 dengan nilai rata-ratanya adalah 72. Siklus II terdapat 31 siswa atau 88% siswa tuntas belajar dan siswa yang belum tuntas adalah 4 siswa atau 12%. Nilai terendah siswa pada siklus II adalah 60 dan nilai tertinggi adalah 100 dengan nilai rata-rata 80. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber energi.