Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Kegiatan Supervisi Akademik di SDN Karangdawa 03 Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i1.549Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Supervisi AkademikAbstract
Sekolah sebagai tempat pelaksanaan proses belajar mengajar perlu dikelola secara baik dan benar. Keberhasilan suatu sekolah mencapai tujuan yang diharapkan sangat tergantung kepada bagaimana model pengelolaan terhadap segala sumber daya yang dimiliki sekolah tersebut. Pengamatan yang dilakukan oleh kepala sekolah SDN Karangdawa 03, terlihat motivasi dan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya cenderung rendah atau kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru SDN Karangdawa 03 rendah. Hal ini dapat dinilai dari beberapa hal berikut: 1) hanya 35% guru yang mampu menyusun RPP secara benar dan baik, 2) hanya 30% guru yang memanfaatkan media pada saat mengajar, 3) hanya 25% guru yang mengajar dengan metode atau model yang variatif, dan 4) hanya 30% guru yang menggunakan strategi dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru SDN Karangdawa 03 melalui kegiatan supervisi akademik. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan selama 2 minggu. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SDN Karangdawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilakukan dengan 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi kelas dengan menggunakan alat penilaian kemampuan guru (APKG). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I perencanaan bimbingan dilakukan secara klasikal sehingga perolehan hasil penelitian tidak maksimal. Pada siklus II setelah dilakukan bimbingan secara individual didapat hasil yang signifikan yaitu perolehan predikat sangat baik dengan keberhasilan mencapai 82% melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan oleh peneliti yaitu sebesar 75%, hal ini menunjukan penelitian berhasil.