Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan sampai 99 Melalui Metode DE_SI pada Siswa Kelas I SD Negeri Danareja 01 Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i1.550Keywords:
Karakter, Hasil Belajar, Metode DE-SIAbstract
Guru merupakan komponen yang penting dalam peningkatan mutu pendidikan sehingga terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Selama proses pembelajaran guru harus mempunyai kompetensi sebagai wewenang yang dikaitkan dengan ruang lingkup suatu jabatan atau posisi sebagai guru dan kompetensi guru merupakan landasan dalam rangka mengabdikan profesinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 1 SD Negeri Danaraja 01 tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan 99 dengan menggunakan metode De-Si pada pembelajaran Matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas I semester II SD Negeri Danaraja 01 tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 25 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siklus I dari kondisi awal 62,5 menjadi 78,23. Persentase ketuntasan siklus I adalah 77,5%. Dominasi peserta didik pandai tinggi. Kreatifitas dan aktivitas masih kurang. Siklus II rata-rata 82,05. Persentase ketuntasan 79,40%. Dominasi anak yang pandai semakin kurang. Peserta didik aktif dalam diskusi. Peningkatan hasil belajar merata. Secara kuantitatif peningkatan hasil belajar yang dicapai dari kondisi awal sampai siklus II adalah 19,55%. Peningkatan secara kualitatif meliputi meningkatnya karakter belajar, tumbuh semangat kerjasama, demokratis, dan keberanian.