Penerapan Cooperative Learning Tipe Complete Sentence untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Text Recount pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Margasari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Fasikhatul Ajizah

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i1.556

Keywords:

Kompetensi Menulis, Text Recount, Penerapan Cooperative Learning, Tipe Complete Sentence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran dengan Penerapan Cooperative Learning tipe Complete Sentence dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi menulis Text Recount Bahasa Inggris. Indikator ketuntasan belajar adalah apabila seorang siswa memperoleh nilai sekurang kurangnya 73 dan secara klasikal di peroleh nilai sekurang kurangya 85% dari jumlah siswa di kelas tersebut yang telah mencapai nilai perorangan sebesar 73. Hasil penelitian menunjukan hal-hal sebagai berikut untuk peningkatan kompetensi menulis Text Recount dari 34 siswa di peroleh ketuntasan klasikal 67,64% pada siklus 1. Adapun pada siklus 2 dari 34 siswa di peroleh ketuntasan klasikal 88%. Dari data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Penerapan Cooperative Learning Tipe Complete Sentence dapat meningkatkan kompetensi menulis Text Recount siswa.

Downloads

Published

2020-05-10

How to Cite

Ajizah, F. (2020). Penerapan Cooperative Learning Tipe Complete Sentence untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Text Recount pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Margasari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 4(1), 104–113. https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i1.556