Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil IPS MAteri Manusia, Tempat dan Lingkungannya melalui Model Time Token pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 2 Suradadi Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Eni Faridah
Keywords: Aktifitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Time Token

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah: 1) mendiskripsikan proses pembelajaran dengan mengunakan metode Time Token untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi manusia, tempat dan lingkungannya pada peserta didik kelas VII A, dan 2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS materi manusia, tempat dan lingkungannya pada peserta didik kelas VII A dengan digunakannya metode Time Token. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Suradadi dengan alamat Jalan Lapangan Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan pada semester I tahun pelajaran 2019/2020, dimulai sejak tanggal 2 September sampai dengan 30 Nopember 2019. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Suradadi semester I tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 32 peserta didik, terdiri dari 14 laki-laki dan 18 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi dan tes. Teknik yang digunakan untuk analisis data pada penelitian ini adalah teknik deskriptif analisis dari hasil observasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah: 1) adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Suradadi tahun pelajaran 2019/2020, dan 2) aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 47,66% pada siklus I menjadi 83,71% pada siklus II. Sedangkan nilai tes hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan sebesar 56,41% pada siklus I menjadi 82,28% pada siklus II.

Published
2020-10-01