Penerapan Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Mengembangkan Instrumen Tes Pilihan Ganda dan Jawab SIngkat di SD Negeri Margasari 01 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Arpiani Puji Irianti

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.640

Keywords:

Pengembangan Instrumen Tes, Supervisi Klinis, Minat Guru

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan instrument tes? dan Bagaimanakah minat guru dalam mengikuti kegiatan pengembangan instrumen tes melalui penerapan supervisi klinis? Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan selama 4 bulan. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Margasari 01 yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini dirancang dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pembelajaran dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen tes dapat ditingkatkan melalui penerapan supervisi klinis. Peningkatan itu terjadi pada kemampuan mengembangkan instrumen tes jawaban singkat maupun instrumen tes pilihan ganda. Kepala sekolah dalam melaksanakan tugas memiliki kepentingan secara langsung dengan guru terutama dalam membina, mengembangkan keterampilan, dan pengetahuan guru yang berkaitan dengan pengembangan instrumen tes. Penerapan supervisi klinis terbukti mampu meningkatkan minat guru dalam mengembangkan instrumen tes, yakni nilai minat pada siklus 1 = 79 menjadi 93.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Irianti, A. P. (2020). Penerapan Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Mengembangkan Instrumen Tes Pilihan Ganda dan Jawab SIngkat di SD Negeri Margasari 01 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 4(2), 36–45. https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.640