Upaya Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah dalam Menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) melalui Workshop di daerah Binaan I Kecamatan Margasari Tahun 2019
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.643Keywords:
Rencana Kerja Sekolah, Workshop, Kemampuan Kepala SekolahAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan Kepala Sekolah dalam menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) yang masih belum sesuai dengan ketentuan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah di Daerah Binaan I Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal pada Tahun 2019 dapat menyusun dan memiliki RKS yang diharapkan melalui workshop. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2019 bertempat di SDN Margasari 02 di Daerah Binaan I Kecamatan Margasai Kabupaten Tegal. Subjek penelitian ini adalah semua kepala SD di Daerah Binaan I Kecamatan Margasari yang berjumlah 10 orang kepala SD. Waktu penelitian bulan Maret sampai dengan Juni 2019. Dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus 2 (Dua) kali pertemuan. Menggunakan teknik pengumpulan data non tes, alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan, analisa data menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui workshop, Kepala SD di Daerah Binaan I Kecamatan Margasari dapat meningkatkan kemampuannya. Terbukti Nilai rata-rata dalam penyusunan RKS pada kondisi awal rerata perolehan 49,49 dengan ketercapaian kurang, siklus I meningkat perolehan 63,99 ketercapaian cukup, naik 29%. Siklus II meningkat 84,99 dengan ketercapaian baik, naik 32,8%. Secara keseluruhan peningkatan dari kondisi awal hingga siklus II menjadi 61,8%. Penelitian Tindakan Sekolah ini membuktikan keberhasilan melalui workshop dapat meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) di Daerah Binaan I Kecamatan Margasari.