Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia melalui Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 2 Suradadi Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Musripah Musripah
Keywords: Motivasi, Hasil Belajar, Numbered Head Together (NHT)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses pembelajaran IPA materi Sistem Pencernaan Manusia dengan menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII B SMPN 2 Suradadi Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020; dan 2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA materi Sistem Pencernaan Manusia pada peserta didik kelas VIII B SMPN 2 Suradadi semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, melakukan tindakan, observasi dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII B SMPN 2 Suradadi Kabupaten Tegal semester I tahun pelajaran 2019/2020.  Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMPN 2 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2019/2020 semester I dengan jumlah peserta didik 32 orang terdiri dari 16 laki-laki dan 16 perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Analisa data dilakukan dengan model deskriptif presentase. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Suradadi Tahun Pelajaran 2019/2020 sesuai tujuan penelitian yaitu meningkatkan motivasi belajar peserta didik, motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 61,29% pada siklus I menjadi 74,75% pada siklus II. Sedangkan nilai tes hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan sebesar 37,5% pada siklus I menjadi 84,4% pada siklus II.

Published
2020-10-01