Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi melalui Model Think Pair Share (TPS) bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Margasari 06 Semester II Tahun 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.647Keywords:
Puisi, Keterampilan Membaca, Model Think Pair Share (TPS)Abstract
Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis. Hasil belajar membaca puisi pada siswa kelas VI SD Negeri Margasari 06 masih rendah. Penyebab rendahnya prestasi belajar membaca puisi pada siswa kelas VI SD Negeri Margasari 06, antara lain; 1) Keterlibatan peserta didik/siswa dalam kegiatan pembelajaran masih rendah karena proses pembelajaran lebih didominasi oleh Guru (Teacher Centered); 2) minat membaca relatif sangat rendah, yang implikasinya terhadap keterampilan berbahasa Indonesia juga rendah dan berakibat pula nilai hasil belajar siswa untuk muatan Bahasa Indonesia juga cenderung rendah; 3) Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah, sementara aktifitas peserta didik/siswa lebih banyak mencatat; 4) Tingkat kompleksitas materi pembelajaran yang kurang menyesuaikan dengan kondisi subyek yang belajar; dan 5) Guru tidak menggunakan alat peraga. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui apakah dengan menumbuhkan minat membaca dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar siswa dari tiap siklus selalu mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-ratanya 67,7 sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 75,8. Ada korelasi positif antara minat membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia, semakin tinggi minat membaca siswa semakin tinggi pula angka keberhasilan siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia.