Peningkatan Kehadiran Peserta Didik di Sekolah melalui Layanan Bimbingan Klasikal pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Warureja Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Sodikin Sodikin

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.648

Keywords:

Kehadiran, Layanan, Bimbingan Klasikal

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan peningkatan kehadiran peserta didik di sekolah khususnya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Warureja semester gasal tahun pelajaran 2019/2020 dengan melalui layanan bimbingan klasikal, dan 2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kehadiran peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Warureja semester gasal tahun pelajaran 2019/2020 melalui layanan bimbingan klasikal. Tempat penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 2 Warureja. Waktu penelitian dilaksanakan secara bertahap, secara garis besarnya dapat dibagi menjadi 3 tahap, yaitu tahap persiapan, penelitian dan penyelesaian. Di mulai dari bulan Agustus 2019 sampai dengan bulan Desember 2020. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah kelas VIII  SMP Negeri 2 Warureja Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah  observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) penerapan layanan bimbingan klasikal dapat meningkatkan kehadiran peserta didik kelas VIII semester gasal SMP Negeri 2 Warureja Tahun Pelajaran 2019/2020, dan 2) penerapan layanan bimbingan klasikal dapat meningkatkan kehadiran peserta didik di sekolah kelas VIII semester gasal SMP Negeri 2 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020 sebesar 78%.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Sodikin, S. (2020). Peningkatan Kehadiran Peserta Didik di Sekolah melalui Layanan Bimbingan Klasikal pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Warureja Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 4(2), 113–120. https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.648