Meningkatkan Motivasi Guru dalam Membuat Soal Pilihan Ganda sebagai Penilaian Pembelajaran melalui Workshop di SD Negeri Margasari 07
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i1.737Keywords:
Kompetensi Guru, Pilihan Ganda, WorkshopAbstract
Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan selama 6 bulan. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Margasari 07 yang berjumlah 7 orang. Penelitian ini dirancang dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membuat soal pilihan ganda sebagai penilaian pembelajaran dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini adalah 100% dari 7 orang guru SDN Margasari 07 dan telah mencapai kategori baik dan sangat baik dalam pembuatan soal pilihan ganda. Terbukti kompetensi guru pada pra siklus 53,69 menjadi 82,68 pada siklus I dan 91,35 pada siklus II. Sedangkan motivasi guru dari pra siklus 55,50 menjadi 76,79 pada siklus I dan 85,71 di siklus II. Kenaikan kompetensi guru yaitu 37,66. Sedangkan motivasi guru yaitu 30,21. Guru hendaknya harus bisa menguasai dan memahami cara membuat soal pilihan ganda yang sesuai kaidah–kaidah, sesuai petunjuk, kreatif dan inovatif agar pembelajaran lebih menarik sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa.