Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Materi Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan pada Peserta Didik Kelas VIII J SMPN 1 Pangkah
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i1.762Keywords:
Activities, Card Sort Type Active Learning, Learning OutcomesAbstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningakatkan aktivitas belajar IPS materi kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan setelah diterapkannya strategi pembelajaran aktif tipe card sort pada peserta didik kelas VIII J SMP N 1 Pangkah semester 2 tahun pelajaran 2018/2019; dan meningkatkan hasil belajar IPS materi kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan setelah diterapkannya strategi pembelajaran aktif tipe card sort pada peserta didik kelas VIII J SMP N 1 Pangkah semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 dan mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS materi kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan setelah diterapkannya strategi pembelajaran aktif tipe card sort pada peserta didik kelas VIII J SMP N 1 Pangkah semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan model action research yang terdiri dari empat komponen yaitu: planning, acting, observing, dan reflecting. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII J SMPN 1 Pangkah Kabupaten Tegal Jawa Tengah Semester 2. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah kelas VIII J SMPN 1 Pangkah tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 32 terdiri atas 11 peserta didik putra dan 21 peserta didik putri. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, test tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe card sort dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe card sort dapat meningkatkan hasil belajar IPS Materi kondisi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan pada peserta didik kelas VIII J SMP N 1 Pangkah semester 2 tahun pelajaran 2018/2019.