Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Hasil Kali Sampai 100 Melalui Media Permainan Kartu Angka Pada Siswa Kelas II SDN Margasari 05
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i1.763Keywords:
Hasil Belajar, Karakter, Media Permainan Kartu AngkaAbstract
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Margasari 05. Peningkatan hasil belajar siklus I dari kondisi awal 59,6 menjadi 71,7. Kondisi awal ketuntasan klasikal ada 50%, persentase ketuntasan siklus I 67,0%. Dominasi peserta didik pandai tinggi. Kreatifitas dan aktivitas masih kurang. Peningkatan pada karakter belajar siswa kondisi awal rata-rata 67,4 dengan kategori cukup, pada siklus I menjadi 73 atau kategori cukup. Siklus II hasil belajar rata-rata 78,75. Persentase ketuntasan 83,3%. Dominasi anak yang pandai semakin kurang. Peserta didik aktif dalam permainan media permainan kartu angka. Peningkatan hasil belajar merata. Karakter anak pada siklus II rata-rata 74,6 atau kategori masih cukup tetapi meningkat. Secara kuantitatif peningkatan hasil belajar yang dicapai dari kondisi awal sampai siklus II 19,15. Peningkatan secara kualitatif meliputi meningkatnya karakter anak dalam belajar, kereligiusanya, tumbuh semangat kerjasama, tanggungjawab, dan toleransinya. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui media permainan kartu angka pada pembelajaran Matematika materi perkalian menggunakan media permainan kartu angka mampu meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Margasari 05 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal.