Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mapel Penjas Orkes Materi Senam Lantai Meroda melalui Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 1 Pangkah Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i1.764Keywords:
Metode Pembelajaran Demonstrasi, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar senam lantai meroda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pangkah semester 2 (genap) tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 32 orang. Penelitian berlangsung pada bulan Februari sampai dengan Maret 2019 pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) observasi hasil belajar keterampilan senam lantai meroda; 2) tes hasil prestasi senam lantai meroda; 3) observasi kelas terhadap guru; 4) observasi terhadap situasi kelas; 5) observasi terhadap perilaku siswa; 6) tes pengetahuan; dan 7) angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kelompok dapat meningkatkan hasil pembelajaran senam lantai meroda pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pangkah. Berdasarkan data hasil tes pada siklus I rata-rata nilai siswa 74,84 meningkat dibandingkan sebelum diberikan tindakan yaitu 72,50 pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 79,31. Pada siklus II 78% siswa dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 77 untuk nilai keterampilan senam lantai meroda penjasorkes di SMP Negeri 1 Pangkah. Sisanya 22% siswa masih belum tuntas dikarenakan: 4 orang masih merasa takut, 1 orang pernah mengalami patah tulang bagian tangan, dan 2 orang sedang sakit.