Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mapel Penjas Orkes Materi Senam Lantai Meroda melalui Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 1 Pangkah Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Budi Raharto

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i1.764

Keywords:

Metode Pembelajaran Demonstrasi, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan motivasi dan hasil belajar senam lantai meroda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pangkah semester 2 (genap) tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 32 orang. Penelitian berlangsung pada bulan Februari sampai dengan Maret 2019 pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) observasi hasil belajar keterampilan senam lantai meroda; 2) tes hasil prestasi senam lantai meroda; 3) observasi kelas terhadap guru; 4) observasi terhadap situasi kelas; 5) observasi terhadap perilaku siswa; 6) tes pengetahuan; dan 7) angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kelompok dapat meningkatkan hasil pembelajaran senam lantai meroda pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pangkah. Berdasarkan data hasil tes pada siklus I rata-rata nilai siswa 74,84 meningkat dibandingkan sebelum diberikan tindakan yaitu 72,50 pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 79,31. Pada siklus II 78% siswa dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 77 untuk nilai keterampilan senam lantai meroda penjasorkes di SMP Negeri 1 Pangkah. Sisanya 22% siswa masih belum tuntas dikarenakan: 4 orang  masih merasa takut, 1 orang pernah mengalami patah tulang bagian tangan, dan 2 orang sedang sakit.

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

Raharto, B. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mapel Penjas Orkes Materi Senam Lantai Meroda melalui Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 1 Pangkah Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 5(1), 29–38. https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i1.764