Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyampaikan Teks Dongeng dalam Bahasa Indonesia Lisan dan Tulis melalui Metode Demonstrasi dan media Gambar Berseri pada Peserta Didik Kelas III Semester 2 SDN Dampyak 02

Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Martini .

Abstract

Latar belakang masalah yang mendasari penelitian ini adalah hasil belajar Mapel Bahasa Indonesia kompetensi dasar menyampaikan teks dongeng dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis masih rendah. Berdasarkan hasil tes pra siklus dari 24 Peserta didik ketuntasan klasikal baru 45,83% sedangkan kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70 dengan nilai rata-rata baru 68,96. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan, aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri Dampyak 02 Semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian peserta didik kelas III yang berjumlah 24. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran kompetensi dasar menyampaikan teks dongeng dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis. Aktivitas peserta didik dari 5 indikator rata-rata siklus I sebesar 68% (kategori cukup aktif) menjadi 86% pada siklus II (kategori aktif). Hasil belajar pada kondisi awal ketuntasan kelas hanya sebesar 45,83% rata-rata 68,96 meningkat siklus I mencapai 66,70% rata-rata 77,92 dan pada siklus II menjadi 83,33% dengan rata-rata kelas 83,75. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan pembelajaran metode demonstrasi dan media gambar berseri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kompetensi dasar menyampaikan teks dongeng dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis pada peserta didik kelas III semester 2 SDN Dampyak 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2019/2020.

Published
2021-05-01