Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Naskah Pidato melalui Metode Demonstrasi dan Latihan pada Siswa Kelas VI A Semester 2 SD Negeri Dampyak 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Sri Aka Eko Setyaningsih

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i1.772

Keywords:

Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Latihan

Abstract

Latar belakang masalah yang mendasari penelitian ini adalah hasil belajar kemampuan siswa menulis naskah pidato belum berhasil, dibuktikan hasil belajar siswa rata-rata 66,25 dan ketuntasan kelas 50%. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa  kelas VI A SD Negeri Dampyak 02 Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian siswa kelas VI.A yang berjumlah 20 siswa terdiri 10 putra dan 10 putri. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas siswa siklus 1 sebesar 3,56 atau 71% (kategori cukup aktif) menjadi 4,22 atau 84% pada siklus 2 (kategori aktif). Hasil belajar pada kondisi awal ketuntasan kelas hanya 50% sedangkan pada siklus 1 mencapai 70% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 95% dengan rata-rata pra siklus 66,25 meningkat menjadi 76 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,25 pada siklus II. Terbukti pembelajaran melalui pendekatan metode demonstrasi dan latihan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menulis naskah pidato.

Downloads

Published

2021-05-02

How to Cite

Setyaningsih, S. A. E. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Naskah Pidato melalui Metode Demonstrasi dan Latihan pada Siswa Kelas VI A Semester 2 SD Negeri Dampyak 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 5(1), 99–107. https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i1.772