Belajar Kelompok Berdasarkan Pilihan Siswa Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i1.773Keywords:
Metode Kuis, Pembelajaran Jarak Jauh, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendapatkan deskripsi tentang upaya mengukur tingkat daya serap siswa melalui penilaian dengan metode belajar kelompok berdasarkan pilihan siswa efisien dan mudah dilaksanakan di masa pandemi melalui PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh); meningkatkan daya serap siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran PPKn melaui metode pembelajaran quiz di masa pandemi melalui PJJ; menyelesaikan masalah tugas belajar melalui belajar jarak jauh dengan metode pembelajaran quiz; meningkatkan hasil belajar siswa mapel PPKn melalui pembelajaran jauh dengan menggunakan metode pembelajaran quiz; dan siswa dengan melalui metode pembelajaran quiz dapat mengetahui langsung hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang bersifat reflektif, sehingga setelah mengimplementasikan suatu tindakan tertentu penelitian akan merefleksikannya dengan suatu tindakan pula. Dari hasil penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa meningkatnya prestasi belajar siswa yaitu nilai terendah yang dicapai siswa dari 30 (UH-1) menjadi 60 (UH-2) dan nilai rata-rata yang dicapai siswa dari 64,8 (UH-1) menjadi 96,3 (UH-2) dan jumlah siswa yang belum tuntas mengalami penurunan dari 5 siswa pada (UH-1) menjadi 1 siswa pada (UH-2).