Meningkatkan Kinerja Guru dalam Memetakan Kompetensi Dasar melalui KKG Sekolah di SD Negeri Prupuk Utara 02
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i1.774Keywords:
Kinerja guru, Pemetaan KD, KKG SekolahAbstract
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2019 bertempat di SD Negeri Prupuk Utara 02,UPTD DIKBUD Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, dengan sumber data penilaian unjuk kerja, observasi, wawancara, dan analisis data. Teknik analisis data yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif . Teknik kuantitatif dilakukan pada saat melakukan analisis data instrumen penilaian unjuk kerja. Teknik kualitatif dilakukan pada analisis kegiatan wawancara. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKG Sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dalam menentukan kriteria ketuntasan minimal. Peningkatan itu terjadi pada hasil wawancara, hasil observasi kesiapan guru, hasil penilaian guru dalam penetapan KKM pada siklus I dan siklus II. Pada kinerja guru mengalami kenaikan. Hal ini dibuktikan adanya kenaikan dari pra siklus yaitu rata-rata 58% menjadi 85% pada siklus I dan siklus II menjadi 88%. Dari pra siklus ke siklus II kenaikan menjadi 30%. Pengetahuan tentang pemetaan KD guru melaui KKG sekolah terbukti mengalami peningkatan. Sebelum diadakan KKG sekolah tentang KKM guru didapati guru didapati 20% yang mengerti, sedangkan 80% belum mengerti. Setelah diadakan KKG sekolah mengalami peningkatan hampir 80%.