Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas II Semester II SD Negeri 03 Kebondalem Tahun Pelajaran 2017//2018

Authors

  • Meilani Bekti Hartanti

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i1.775

Keywords:

Model Pembelajaran, TGT, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber-sumber energi di lingkungan sekitar. Hal ini terjadi karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dalam menyampaikan materi tanpa ada variasi dengan metode lain, sehingga aktivitas belajar siswa belum optimal. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada pembelajaran IPA materi sumber-sumber energi dengan tujuan meningkatkan performansi guru serta aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 03 Kebondalem Kabupaten Pemalang. Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran TGT. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri 03 Kebondalem tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Jenis data yaitu data kuantitatif yang berupa nilai hasil belajar dan data kualitatif yang berupa data hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa dan performansi guru. Sumber data diambil dari siswa, guru, dan data dokumen. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan non tes. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu ketuntasan hasil belajar mencapai 75%, dan nilai rata-rata ≥ 75, aktivitas belajar siswa meningkat, dan nilai performansi guru minimal Baik. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan peningkatan karena pada kondisi awal kentutasan belajar 13,89% menjadi 50,00% dan nilai rata-rata 62.50 menjadi 74,44. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan mencapai 91,67% dengan nilai rata-rata sebesar 86,11. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 03 Kebondalem tahun ajaran 2017/2018 pada mata pelajaran IPA materi sumber-sumber energi di lingkungan sekitar.

Downloads

Published

2021-05-02

How to Cite

Hartanti, M. B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas II Semester II SD Negeri 03 Kebondalem Tahun Pelajaran 2017//2018: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 5(1), 128–139. https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i1.775