PENINGKATAN MINAT DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM TEKS BACAAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 1 KEDUNGBANTENG
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.897Keywords:
Keterampilan Membaca Pemahaman, Metode Make A Match, MinatAbstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan minat membaca pemahaman menemukan gagasan utama dalam teks bacaan pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Kedungbanteng, (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman menemukan gagasan utama dalam teks bacaan pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Kedungbanteng, (3) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat dan keterampilan membaca pemahaman menemukan gagasan utama dalam teks bacaan pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Kedungbanteng dengan menggunakan metode Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Model Action Research menurut Kemmis dan Mc Taggart terdiri dari empat komponen yaitu: Planning, Implementing, Observing, dan Reflecting. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan mulai minggu pertama bulan Januari 2020 hingga bulan Maret 2020 di SMP Negeri 1 Kedungbanteng Kabupaten Tegal semester 2 tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Kedungbanteng semester 2 tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 32 terdiri atas 16 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, teknik non tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripsi perilaku ekologis, catatan harian peserta didik, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) metode Make A Match dapat meningkatkan minat membaca pemahaman menemukan gagasan utama dalam teks bacaan pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Kedungbanteng, (2) metode Make A Match dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman menemukan gagasan utama dalam teks bacaan pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Kedungbanteng, (3) berdasarkan hasil tes pada pra tindakan nilai yang dicapai peserta didik adalah 67,03 atau 21,45% termasuk kategori cukup, pada siklus 1 nilai yang dicapai sebesar 73,75 atau 23,60% termasuk kategori baik dan mengalami peningkatan sebesar 6,72 atau 2,15%, sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata kelas mencapai 87,38 atau 27,96% termasuk kategori baik. Dari pencapaian nilai rata-rata kelas siklus 1 dan siklus 2 ini diperoleh peningkatan sebesar 13,63 atau 4,36%. Sedangkan pada aspek minat siklus 1 aktivitas peserta didik sebesar 70,32% dan siklus II sebesar 90,63%. Terlihat bahwa peningkatannya sebesar 23,95%.