ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI KETERAMPILAN MENJELASKAN PADA PEMBELAJARAN GEGURITAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.905Keywords:
Kompetensi Profesional, Keterampilan Menjelaskan, GeguritanAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman guru dalam menguasai keterampilan menjelaskan pada pembelajaran geguritan Untuk mengetahui analisis ketercapaian kompetensi profesional pada guru dalam mengimplementasikan keterampilan menjelaskan pembelajaran Geguritan di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru di Sekolah Dasar. Teknik pengambilan menggunakan wawancara dan okumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terrdapat beberapa faktor yang menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam mengimplementasi keterampilan menjelaskan pada pembelajaran geguritan guru di Sekolah Dasar, yaitu kurangnya kemampuan peserta didik dan dukungan kepala sekolah selama dalam implementasi keterampilan menjelaskan. Kemudian faktor internal berasal dari guru itu sendiri baik mengenai pemahaman bahasa maupun pemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam mendukung berlangsungnya implementasi menjelaskan.