UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENEMUKAN TEMA, LATAR, PENOKOHAN PADA BUKU KUMPULAN CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IX A SMP 12 TEGAL SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Fahruroji .

DOI:

https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.907

Keywords:

Group Investigation, Kemampuan Siswa, Tema, Latar, Penokohan Cerpen

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan pengetahuan dan peningkatan keterampilan siswa dalam menemukan tema, latar, penokohan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran grup investigation, serta bagaimanakah model pembelajaran grup investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 12 Kota Tegal. Tujuan penelitian tindakan ini adalah mendeskripsikan besarnya peningkatan pengetahuan dan peningkatan keterampilan siswa dalam menemukan tema, latar, penokohan sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran grup investigation, serta bagaimanakah model pembelajaran grup investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun metode penelitian adalah metode deskripsi analitik dalam bentuk Action Research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan dalam menemukan tema, latar, penokohan pada buku kumpulan cerpen pada proses pembelajaran, aktivitas serta kemampuan siswa dalam menemukan tema, latar, penokohan pada buku kumpulan cerpen menjadi lebih baik dan meningkat, yakni dari 74,7 pada prasiklus, menjadi 76,6 pada siklus I, dan lebih meningkat lagi pada siklus II menjadi 79,8.

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

., F. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENEMUKAN TEMA, LATAR, PENOKOHAN PADA BUKU KUMPULAN CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IX A SMP 12 TEGAL SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020: Array. Dialektika Jurnal Pendidikan, 5(2), 119–126. https://doi.org/10.58436/dfkip.v5i2.907