EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI DI DESA PANCURENDANG

Penulis

  • Anjar Susanti Universitas Peradaban
  • Anwar Ardani Universitas Peradaban

Kata Kunci:

Jaritmatika, Kemampuan Literasi Numerasi, Number Head Together (NHT)

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi numerasi peserat didik kelas III SD di Desa Pancurendang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Number Head Together (NHT) yang didukung oleh metode jarimatika dalam meningkatkan literasi numerasi peserta didik kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes kemudian dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil uji independent sample t-test menunjukan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol, dengan nilai thitung (5,637) > ttabel (2,042). Selain itu, uji paired t-test menunjukan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan, dengan nilai thitung (9,649) > ttabel (2,131). Dengan demikian, model NHT berbantuan jarimatika efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-22

Cara Mengutip

Susanti, A., & Ardani, A. (2025). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI DI DESA PANCURENDANG. Prosiding SENDIK FKIP Universitas Peradaban, 2(1), 1–16. Diambil dari https://journal.peradaban.ac.id/index.php/fkipconference/article/view/2130