KEPRAKTISAN APLIKASI ETHNOMATHEMATICS MOBILE MODULE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA
Keywords:
aplikasi, ethnomathematics mobile module, kemampuan berpikir matematis, kepraktisanAbstract
Kemampuan berpikir matematis siswa masih rendah dikarenakan siswa tidak belajar matematika secara
kontekstual yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu bahan ajar yang digunakan siswa
yaitu modul. Mobile modul kekinian berupa aplikasi yang dikembangkan dengan unsur
etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis tingkat keterpakaian (kepraktisan) dari aplikasi ethnomathematics mobile module pada
siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di dua SMP
Negeri di Kudus, Jawa Tengah. Subjek penelitian ini yaitu 9 orang guru dan 64 orang siswa. Teknik
pengumpulan data yaitu Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara
dan angket. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil uji
terbatas menunjukkan: (1) isi materi yang disajikan dalam aplikasi sudah baik, (2) penyajian bahasa
yang disajikan sudah sesuai dengan EYD, bahasa mudah dicerna, sistematis, jelas; (3) aplikasi
ethnomathematics mobile module disajikan secara runtut dan sistematis; (4) secara kegrafikan, aplikasi
menarik dan interaktif karena dilengkapi gambar dan ilustrasi. Hasil kepraktisan dari respon guru dan
siswa terhadap ethnomathematics mobile module pada indikator isi, bahasa, dan efisiensi waktu
termasuk dalam kriteria praktis. Dapat disimpulkan bahwa ethnomathematics mobile module praktis
digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis siswa SMP.