KONSEP FILSAFAT PENDIDIKAN DAN DEFINISI RUANG LINGKUP FILSAFAT DI SMA N 15 MUARO JAMBI

Authors

  • RTS. Gendis Putri Ayu

Keywords:

Peran Filsafat Pendidikan di Sekolah, Filsafat Pendidikan

Abstract

Filsafat pendidikan adalah cabang filsafat yang mempelajari masalah-masalah pendidikan secara kritis. Filsafat pendidikan bertujuan untuk memahami pendidikan secara mendalam, dan menafsirkan temuan-temuan untuk digunakan dalam bidang pendidikan.Pancasila adalah ideologi negara Indonesia yang berisi lima dasar atau prinsip yang menjadi landasan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dari hasil wawancara dapat hasil berupa jawaban langsung yakni Hasil dari belajar yang efektif dapat dilihat dari minat, semangat, dan keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini di harapkan pembaca mengerti tentang konsep pendidikan filsafat dan definisi ruang lingkup filsafat. Filsafat pendidikan mencoba untuk memahami tujuan, nilai, proses, dan prinsip-prinsip yang mendasari pendidikan. Filsafat pendidikan memiliki peranan penting dalam ilmu pendidikan, yaitu Memberikan arah dan pedoman dasar bagi upaya perbaikan, peningkatan kemajuan, dan landasan yang kokoh untuk memelihara sistem pendidikan. Filsafat pendidikan dibangun di atas tiga pilar, Landasan ontologis, Landasan epistemologis, Landasan aksiologis. Ruang lingkup filsafat pendidikan berkaitan dengan masalah pendidikan seperti: Tujuan dan cita-cita filsafat pendidikan, Interpretasi tentang sifat manusia, Nilai pendidikan, Teori pengetahuan, Hubungan pendidikan dan berbagai bidang kehidupan nasional.

Published

2025-01-22

How to Cite

RTS. Gendis Putri Ayu. (2025). KONSEP FILSAFAT PENDIDIKAN DAN DEFINISI RUANG LINGKUP FILSAFAT DI SMA N 15 MUARO JAMBI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SENDIK), 2(1), 165–173. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/fkipconference/article/view/2143