ANALISIS TINGKAT KECERDASAN LINGUISTIK DALAM KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALIGIRI 02

Penulis

  • Fania Rachee Saraswati Universitas Peradaban
  • Ujang Khiyarusoleh Universitas Peradaban

Kata Kunci:

Kecerdasan Linguistik, Keterampilan bertanya

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan bertanya siswa yang baik, dan adanya indikasi tingkat
kecerdasan linguistik yang dapat dikembangkan melalui keterampilan bertanya. Tujuan Penelitian ini
yaitu untuk mengetahui tingkat kecerdasan linguistik dalam keterampilan bertanya siswa kelas V di SD
Negeri Kaligiri 02. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa ada 4 tingkatan kecerdasan linguistik dalam keterampilan bertanya
siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kaligiri 02, 78% menunjukan tingkat sangat tinggiyang berjumlah
34 siswa, 13% menunjukan tingkat tinggi berjumlah 6 siswa, 7% menunjukan tingkat rendah 3 siswa,
dan 2% menunjukan sangat rendah berjumlah 1 siswa. kesimpulan bahwa dalam keterampilan bertanya
siswa memiliki kecerdasan linguistik yang sangat tinggi. Kecerdasan linguistik siswa dilihat dari
keterampilan bertanya siswa ada keterkaitannya, siswa yang memiliki keterampilan bertanya yang tinggi
akan memiliki kecerdasan linguistik yang tinggipula. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyak siswa yang
berada pada kategori yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan sekolah dapat
memiliki program penunjang dalam meningkatkan kecerdasan linguistik, dan menciptakan serta
menumbuhkan suasana iklim yang kondusif untuk pembelajaran yang dapat meningkatkan kecerdasan
linguistik siswa dalam keterampilan bertanyanya.

Diterbitkan

2023-12-02

Cara Mengutip

Saraswati, F. R., & Khiyarusoleh, U. (2023). ANALISIS TINGKAT KECERDASAN LINGUISTIK DALAM KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALIGIRI 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SENDIK), 1(1), 186–196. Diambil dari https://journal.peradaban.ac.id/index.php/fkipconference/article/view/1699