Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Produk Kapal Api White Coffee di Kabupaten Brebes

Authors

  • Tika Nur Hidayah
  • Sugeng Rianto

Keywords:

purchasing decisions, brand awareness, brand association, perceived quality, brand loyalty

Abstract

This study aimed to analyze the effect of brand equity on consumer purchasing decision of Kapal Api White Coffee in Brebes regency. This study examines the elements of brand equity consists of brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty by analyzing the influence of the four elements of brand equity on purchasing decision of Kapal Api White Coffee in Brebes regency. Data collection technique in this study uses purposive sampling technique and incidental sampling. Data were collected through questionnaires to 100 respondents of Kapal Api White Coffee in Brebes regency, especially in the area of the Paguyangan and Bumiayu sub-district. Data analysis technique used to answer the hypothesis of this study is multiple linear regression analysis. The results of this study showed that brand loyalty significantly influences purchasing decisions, while the brand awareness, brand association and perception of quality do not significantly influence the purchasing decision. The R Square value is 38.1%. It shows that the effect of brand equity to the purchasing decision can be explained 38.1% by brand loyalty, brand awareness, brand association, and perception of quality, while the rest are influenced by other factors not analyzed in this study.

References

Aaker, D. A. (2013). Manajemen pemasaran strategis. Terjemahan oleh David Wijaya, Herwita Titi Sekartaji, Hirson Kurnia. Jakarta: Salemba Empat.
Akbar, H. (2012). Analisis pengaruh brand equity teh botol Sosro terhadap loyalitas pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanudin. Tesis. Magister Ekonomi Manajemen dan Bisnis Universitas Hasanudin.
Artaji. (2014). Pengaruh ekuitas merek terhadap minat pembelian notebook merek acer (Studi pada pengguna forum kaskus). Tesis. Magister Ekonomi Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta.
Astuti, S.W., dan Cahyadi. (2007). Pengaruh elemen ekuitas merek terhadap rasa percaya diri pelanggan di Surabaya atas keputusan pembelian sepeda motor Honda. Majalah Ekonomi, 17 (2).
Azwar, S. (2010). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chan, A. (2010). Pengaruh ekuitas merek terhadap proses keputusan pembelian konsumen: Studi kasus bank Muamalat Indonesia cabang Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis, 6 (1).
Durianto, dkk. (2004). Strategi menaklukan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ferdinand, A. T. (2014). Metode penelitian manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Fitria, E. (2011). Analisis pengaruh elemen-elemen brand equity terhadap keputusan pembelian surat kabar harian suara merdeka. Tesis. Magister Ekonomi Manajemen Universitas Diponegoro.
Fitria, A. O. (2007). Analisis pengaruh ekuitas merek teh botol sosro dan fruit terhadap keputusan pembelian (Studi pada warung bakso damas dan warung bakso kota cak man Malang). Tesis. Magister Ekonomi Manajemen Universitas Islam Negeri Malang.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Iriani, N. I. (2011). Pengaruh dimensi brand equity (ekuitas merek) terhadap keputusan pembelian kartu telepon selular Telkomsel di kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 9 (2).
Jintu, E. D., Rodhiyah, dan Wijayanto, A. (2013). Pengaruh elemen-elemen ekuitas merek terhadap keputusan pembelian mobil toyota kijang Innova pada PT Nasmoco Pemuda Semarang. Journal of Social and Politic, 1-8.
Kapal Api Global. (2015). PT Santos Jaya Abadi. http://www.kapalapiglobal.com. Diakses 30 Desember 2015.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Terjemahan oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. Terjemahan oleh Molan Benyamin. PT Indeks.
Kurniawan, Y. (2010). Analisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada konsumen minuman isotonik fatigon hydro di Purwokerto). Tesis. Magister Ekonomi Manajemen Universitas Diponegoro.
Pane, O. B., & Endang, S. R. (2011). Pengaruh brand equity flash disk merek Kingston terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Amik MBP Medan. Jurnal Ekonom, 14 (3).
Prasetijo, R., & Ihalauw, J. (2005). Perilaku konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi.
Riduwan, & Sunarto. (2012). Pengantar statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Runtuwene, I. K. (2015). Analisis pengaruh faktor-faktor ekuitas merek terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Yamaha Mio-J di kota Tomohon. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3 (1), 47-60.
Sudarsono, D. S., & Dyah, K. (2013). Elemen ekuitas merek dalam keputusan pembelian laptop. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 1 (1).
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika terapan – teori dan aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Supramono, dan Haryanto, J. O. (2005). Desain proposal penelitian studi pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Suryani, T. (2012). Perilaku konsumen implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tamka, I. (2013). Citra merek, ekuitas merek, dan kualitas produk pengaruhnya terhadap sikap konsumen pada produk Daihatsu di PT Astra Internasional Daihatsu Manado. Jurnal EMBA, 1 (3).
Tjiptono, F. (2011). Seri manajemen merek 01 – manajemen & strategi merek. Yogyakarta: Andi.
Top Brand Award. (2015). Top Brand Index Fase 1 Kategori White Coffee. http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2015_fase_1. Diakses 10 Mei 2015.
Zen, D. K. (2012). Analisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen minuman isotonik Pocari Sweat (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang). Tesis. Magister Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Published

2016-09-01

Issue

Section

Articles in JBIMA (Jurnal Bisnis dan Manajemen) Vol. 4 No. 2