PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD BAGI SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 2 CILONGOK SEMESTER II TAHUN 2016/2017

Authors

  • Afrita Heksa

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v7i2.147

Keywords:

hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif STAD

Abstract

          Penelitian ini hanya membatasi dua masalah saja, yaitu 1)  hasil belajar, 2) pembelajaran kooperatif model jigsaw.

           Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Cilongok, dengan anggapan dari peneliti berdasarkan nilai ulangan harian pertama, siswa kelas VIID memiliki kemampuan sedang dibandingkan kelas yang lain. Penelitian ini difokuskan pada penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw di kelas VIID. Melalui data yang ada dan refleksi awal, prosedur penelitian tindakan kelas ini meliputi: 1) perencanaan, 2)  pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi dalam setiap siklue. Data yang diperoleh melalui observasi (pengamatan), angket, wawancara, dokumen serta test.

           Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas maka metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran model STAD dengan tindakan pada siklus 1 dilanjutkan tindakan siklus 2 menggunakan metode pembelajaran model STAD.

           Melalui pembelajaran model STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Cilongok semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 dari kondisi awal rata-rata 48,38 ke kondisi akhir rata-rata 77,21, meningkat sebesar 28,83. Melalui pembelajaran model STAD dapat meningkatkan hasil belajar klasifikasi makhluk hidup dan organisasi kehidupan bagi siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Cilongok semester II Tahun Pelajaran 2016/2017.

Downloads

Published

2017-09-17