MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI POKOK MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVERMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SEMESTER 2 SD NEGERI JATIWANGI 02 TAHUN PELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.390Keywords:
model pembelajaran STAD, hasil belajar siswaAbstract
Model Pembelajaran kooperatif tipe Student teams Achieverment Division (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada materi pokok memahami kebebasan berorganisasi di kelas V semester 2 SD Negeri Jatiwangi 02. Tujuannya adalah mengupayakan peningkatan prestasi belajar siswa yang sangat rendah menjadi meningkat. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa penguasaan materi yang diperoleh melalui hasil pengamatan proses belajar dan dan aktivitas siswa diperoleh dari keaktifan peserta didik selama melaksanakan kegiatan pembelajaran itu meningkat. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri Jatiwangi 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal, dengan jumlah siswa sebanyak 29. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Student teams Achieverment Division (STAD) dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran:2) Setelah menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe Student teams Achieverment Division (STAD) pada siklus 1 hasil belajar peserta didik mencapai rata-rata 66,20, sedangkan pada siklus 2 hasil belajar peserta didik meningkat rata-ratanya menjadi 84,48 sehingga terjadi peningkatan yang signifikan, sehingga pelaksanaan penilitian tindakan kelas dinyatakan selesai sampai siklus II saja. Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe Student teams Achieverment Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa . Dengan menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe Student teams Achieverment Division (STAD)hasil belajar peserta didik meningkat dan pembelajaran menjadi mudah dipahami oleh siswa.