MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI POKOK MEMAHAMI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVERMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SEMESTER 2 SD NEGERI JATIWANGI 02 TAHUN PELAJARAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.390

Keywords:

model pembelajaran STAD, hasil belajar siswa

Abstract

Model Pembelajaran kooperatif tipe Student teams Achieverment Division (STAD) untuk meningkatkan  prestasi   belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada materi pokok memahami kebebasan berorganisasi   di kelas V semester 2 SD Negeri  Jatiwangi 02. Tujuannya adalah mengupayakan peningkatan  prestasi belajar siswa yang sangat rendah menjadi meningkat. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa penguasaan materi yang diperoleh melalui hasil pengamatan proses belajar dan dan aktivitas siswa  diperoleh dari keaktifan peserta didik selama melaksanakan kegiatan pembelajaran itu meningkat. Penelitian dilaksanakan di  kelas V SD Negeri Jatiwangi 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal, dengan jumlah siswa  sebanyak  29. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Student teams Achieverment Division (STAD) dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran:2) Setelah menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe Student teams Achieverment Division (STAD) pada siklus 1 hasil belajar peserta didik  mencapai rata-rata 66,20,  sedangkan pada siklus 2 hasil belajar peserta didik meningkat rata-ratanya menjadi 84,48 sehingga terjadi peningkatan yang signifikan, sehingga pelaksanaan penilitian tindakan kelas dinyatakan selesai sampai siklus II saja. Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe Student teams Achieverment Division (STAD) dapat meningkatkan  prestasi belajar siswa . Dengan menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe Student teams Achieverment Division (STAD)hasil belajar peserta didik meningkat dan  pembelajaran menjadi  mudah dipahami oleh siswa.

Downloads

Published

2019-08-23

Issue

Section

Articles