MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD DI KELAS V SD NEGERI PESAREAN 01 PAGERBARANG TEGAL
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.301Keywords:
Model Pembelajaran STAD, hasil belajar siswaAbstract
Model Pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi pokok organ pencernaan manusia di kelas v semester 1 SD Negeri Pesarean 01 . Tujuannya adalah mengupayakan peningkatan hasil belajar siswa yang sangat rendah menjadi meningkat. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa penguasaan materi yang diperoleh melalui hasil pengamatan proses belajar dan dan aktivitas siswa diperoleh dari keaktifan siswa selama melaksanakan kegiatan pembelajaran itu meningkat. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri Pesarean 01 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal, dengan jumlah siswa sebanyak 32 . Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan Model Pembelajaran STAD dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran:2) Setelah menggunakan Model Pembelajaran STAD pada siklus 1 hasil belajar siswa mencapai rata-rata 70, sedangkan pada siklus 2 hasil belajar siswa meningkat rata-ratanya menjadi 85,93 sehingga terjadi peningkatan yang signifikan, sehingga pelaksanaan penilitian tindakan kelas dinyatakan selesai sampai siklus II saja. Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Dengan menggunakan Model Pembelajaran STAD hasil belajar peserta didik meningkat dan pembelajaran menjadi mudah dipahami oleh siswa.