MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD DI KELAS V SD NEGERI PESAREAN 01 PAGERBARANG TEGAL

Authors

  • Suroso Suroso

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.301

Keywords:

Model Pembelajaran STAD, hasil belajar siswa

Abstract

                Model Pembelajaran  STAD untuk meningkatkan  hasil  belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi pokok organ pencernaan manusia  di kelas v semester 1 SD Negeri  Pesarean 01  . Tujuannya adalah mengupayakan peningkatan  hasil belajar siswa yang sangat rendah menjadi meningkat. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa penguasaan materi yang diperoleh melalui hasil pengamatan proses belajar dan dan aktivitas siswa  diperoleh dari keaktifan siswa selama melaksanakan kegiatan pembelajaran itu meningkat. Penelitian dilaksanakan di  kelas V SD Negeri Pesarean 01 Kecamatan Pagerbarang  Kabupaten Tegal, dengan jumlah siswa  sebanyak  32 . Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan Model Pembelajaran STAD dilaksanakan dengan baik dalam proses pembelajaran:2) Setelah menggunakan Model Pembelajaran STAD pada siklus 1 hasil belajar siswa  mencapai rata-rata 70, sedangkan pada siklus 2 hasil belajar siswa meningkat rata-ratanya menjadi 85,93 sehingga terjadi peningkatan yang signifikan, sehingga pelaksanaan penilitian tindakan kelas dinyatakan selesai sampai siklus II saja. Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran STAD dapat meningkatkan  hasil belajar siswa . Dengan menggunakan  Model Pembelajaran STAD hasil belajar peserta didik meningkat dan  pembelajaran menjadi  mudah dipahami oleh siswa.

Downloads

Published

2018-09-23

Issue

Section

Articles