EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada perbedaan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Team Games Tournament (TGT), dan Konvensional terhadap keterampilan berbicara siswa kelas II dan mengetahui keterampilan berbicara siswa yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Team Games Tournament (TGT), dan Konvensional. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya siswa dalam keterampilan berbicara, kurangnya percaya diri siswa dalam mengungkapkan ide atau pendapat di depan kelas, guru kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, siswa masih cenderung pasif saat proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan atau studi pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan organize, synthesize, identify. Hasil penelitian dari beberapa jurnal yang telah direview menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Team Games Tournament (TGT), dan Konvensional terhadap keterampilan berbicara siswa dimana model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Team Games Tournament (TGT) lebih menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara siswa dibandingkan dengan model konvensional. Akan tetapi, walaupun terdapat perbedaan pada model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Team Games Tournament (TGT), dan Konvensional, ada satu model pembelajaran kooperatif yang lebih baik untuk digunakan dalam keterampilan berbicara siswa kelas II yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together, Team Games Tournament, Keterampilan berbicara