UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VI SEMESTER 1 SD NEGERI RANDUSARI 02 TAHUN PELAJARAN 2014/2015 KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i1.230Keywords:
prestasi belajar, model pembelajaran kooperatif tipe STADAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Randusari 02 tentang mengenal kekhasan bangsa seperti kebhinekaan, kekayaan alam, dan keramahtamahan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa penilaian tes, dokumentasi dan observasi. Analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prestasi belajar siswa pada sebelum perbaikan dengan rata-rata 61 (skala 10-100) meningkat menjadi cukup dengan nilai rata-rata 68 (skala 10-100) pada siklus I. Kemudian pada akhir siklus II peningkatan yang dikatakan baik sekali mencapai nilai- rata-rata 76 (dalam skala 10-100).