PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SRENGSENG 01 SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i1.396Keywords:
hasil belajar, model pembelajaran numbered head together (NHT)Abstract
Masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). dapat meningkatkan hasil belajar siswa, mata pelajaran IPA materi Perubahan benda pada siswa kelas VI SDN Srengseng 01 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, .Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan datanya menggunakan tes dan observasi. Analisis datanya menggunakan deskripti fkuantitatif. Lokasi penelitian di SD Negeri Srengseng 01 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Obyek tindakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini berlangsung selama 5 bulan mulai bulan Agustus 2018 sampai dengan bulan Desember 2018. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Srengseng 01 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 23 Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada Pra siklus 55,65 dan pada siklus 1 mencapai 72,17 sedangkan pada siklus 2 mencapai 83,91 naik sebesar 11,74 Poin. Ketuntasan klasikal pada pra siklus 36 % dan pada siklus 1 mencapai 62% sedangkan siklus 2 mencapai 98 % naik sebesar 36 %. Peneliti menyimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.