PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI RANDUSARI 07 SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Susmanto Susmanto

DOI:

https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v9i2.430

Keywords:

hasil belajar, model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)

Abstract

Masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah apakah model
pembelajaran Numbered Head Together (NHT). dapat meningkatkan hasil belajar
siswa, mata pelajaran IPA materi Perubahan benda pada siswa kelas VI SDN
Randusari 07 semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengungkap bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together
(NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan
metode Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan datanya menggunakan tes dan
observasi. Analisis datanya menggunakan deskripti fkuantitatif. Lokasi penelitian di
SD Negeri Randusari 07 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Obyek tindakan
dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini berlangsung selama
5 bulan mulai bulan Agustus 2018 sampai dengan bulan Desember 2018. Subyek
penelitian adalah siswa kelas VI SDN Randusari 07 semester 1 tahun pelajaran
2018/2019 sebanyak 13 Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada Pra siklus 56,15dan pada siklus 1
mencapai 70,76 sedangkan pada siklus 2 mencapai 85,38. Ketuntasan klasikal pada
pra siklus 20 % dan pada siklus 1 mencapai 60% sedangkan siklus 2 mencapai 96
%. Peneliti menyimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered
Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2019-10-13