UPAYA PENINGKATAN AKTIFITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEMBULATAN HASIL PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT KE SATUAN TERDEKAT MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SDN PAGEDANGAN 02
DOI:
https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v11i1.671Keywords:
Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Metode DiskusiAbstract
Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas dan prestasi belajar materi pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat pada siswa kelas IV SD Negeri Pagedangan 02 Rumusan masalah: Apakah metode diskusi dapat meningkatkan akivitas dan prestasi belajar materi pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat pada siswa kelas IV SD Negeri Pagedangan 02. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan pretasi belajar materi pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat pada siswa kelas IV SD Negeri Pagedangan 02 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajara 2018/.2019 melalui metode diskusi. Penelitian menggunakan pendakatan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek Penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pagedangan 02 yang berjumlah 27 orang siswa yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui pengamtan aktivitas belajar dan tes prestasi belajar materi pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat. Tektik analisis data dengan membandingkan prosentasi aktivitas belajar dan prestasi belajar antar siklus, kemudian menafsirkannya dalam bentuk kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar materi pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat pada siswa kelas IV SD Negeri Pagedangan 02.