KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERVARIASI DI SMP NEGERI 1 TONJONG PADA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Samsuri Samsuri

Keywords:

pelatihan terpadu, kompetensi guru, PTK

Abstract

Berdasarkan hasil supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah sebagai peneliti, ternyata guru-guru Matematika belum mampu melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dengan Pembelajaran Matematika bervariasi dalam model maupun media pembelajaran yang digunakan, sehingga menyebabkan hasil belajar Matematika peserta didik rendah. Oleh karenanya guru-guru Matematika tersebut juga mengalami kesulitan untuk membuat Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kegiatan Belajar Mengajarnya. Kepala Sekolah yang dalam hal ini sebagai peneliti berupaya mencari solusi dengan cara melakukan Pelatihan Terpadu sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru Matematika dalam melaksanakan PTK dengan model pembelajaran Matematika bervariasi di SMP Negeri 1 Tonjong pada semester 2 tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian membuktikan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru Matematika dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas dari kondisi awal sebesar 36% menjadi 64% pada siklus 1 dan 84% pada siklus 2 dengan kategori baik.

Published

2017-05-17

How to Cite

Samsuri, S. (2017). KOMPETENSI GURU MATEMATIKA DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERVARIASI DI SMP NEGERI 1 TONJONG PADA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 2(2), 10–18. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/101