IMPLEMENTASI INTEGRASI AGAMA DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HARAPAN UMAT BREBES

Authors

  • Wiwit Kurniasih

Keywords:

Implementation, Religion integration and science, mathematics learning

Abstract

Akhlak dan moral siswa yang semakin menurun merupakan salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia yang harus segera diatasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi integrasi agama dan sains dalam pembelajaran sebagai alternative solusi untuk masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian yang diperoleh pembelajaran berbasis integrasi agama dan sains yang dilakukan menggabungkan disiplin ilmu yang serumpun, khususnya memasukkan nilai-nilai agama disetiap pembelajaran yang bertujuan selain untuk mengetahui pemahaman tentang materi, siswa juga dapat mengetahui nilai-nilai Islam yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari. 

Declining character and morals of the students was one of the problems of education in Indonesia that must be talked immediately. The aim of this research was to determine the implementation of religion integration and science in the learning process as an alternative solution to that problem. This research was qualitative with case study approach. The result of this research showed that the learning based on the religion integration and science that did incorporate allied discipline; especially placed the religious values in each study that the aims in addition to determining the understanding about the material, the students could determine the values of Islam related to the material that being studied.

Published

2017-05-17

How to Cite

Kurniasih, W. (2017). IMPLEMENTASI INTEGRASI AGAMA DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HARAPAN UMAT BREBES: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 20–29. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/116